Alami Gangguan Jiwa, Turisno Dikerangkeng Keluarga

KEBUMEN, suaramerdeka.com –

TURISNO Alumnus SMP KARANGGAYAM saat di krangkeng

Alami Gangguan Jiwa, Turisno Dikerangkeng Keluarga

Sukar (65) kerap menangis jika melihat kondisi anaknya sekarang. Bagaimana tidak, Turisno (28) anaknya yang beranjak dewasa dan digadang-gadang menjadi kebanggaan keluarga itu justru mengalami gangguan jiwa.
Tak tahu persis, apa yang menjadi penyebab sehingga anak bungsu dari dua bersaudara itu sakit jiwa. Yang jelas, sejak pertengahan 2011 lalu kondisi Turisno semakin parah. Dia sering pergi dari rumah dan sering mengamuk. Untuk itu keluarga pun terpaksa memasukkan Risno, panggilannya, ke dalam sebuah kerangkeng.
Sejak tiga bulan lalu, Risno hidup dalam kerangkeng besi di rumah orang tuanya di Dusun Prapatan, Desa Penimbun, Kecamatan Karanggayam, Kebumen. Seluruh kegiatan mulai tidur, makan, mandi hingga buang air kecil dan besar dilakukan di sangkar besi seluas 2×2 meter. Kerangkeng itu ditempatkan di dapur yang bersebalahan dengan kandang sapi.
“Pernah pergi 10 hari sampai Petanahan. Kalau lagi kumat, dia merusak barang-barang yang dilihatnya,” ujar Sukar (65) saat ditemui Suara Merdeka di rumahnya, Jumat (20/4).
Saking seringnya Turisno mengamuk, hampir seluruh kaca di rumah orang tuanya rusak. Karena itu, kaca jendela itu pun diganti dengan triplek atau papan. Kadang dia melempari motor orang, atau mengambil pakaian di jemuran lalu dibuang.

“Saya tidak punya uang untuk mengganti barang yang dirusaknya,” ujarnya seraya mengaku perilaku anaknya membuat dia malu.
Berbagai upaya dilakukan untuk menyebuhkan anaknya termasuk membawa ke rumah sakit di Banyumas. Saat itu, kondisinya agak membaik, sampai bisa merantau ke Jakarta dan menikah dengan gadis satu desa hingga dikaruniai satu anak. Tetapi, karena kondisinya yang kumat-kumatan, istrinya pun tak kuat dan meninggalkannya.
“Semua upaya sudah kami lakukan. Tanah kami jual dan tiga ekor sapi habis untuk biaya pengobatan,” ujarnya.
( Supriyanto / CN31 / JBSM )

Minta saran dan komentarnya dong....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s