Tanah longsor menutup jalan utama yang menghubungkan Kebumen dengan Banjarnegara melalui Desa Giritirto, Kecamatan Karanggayam.

Kebumen, CyberNews.

aaaaaaaaTanah yg longsorHujan deras yang mengguyur Kabupaten Kebumen mengakibatkan terjadinya tanah longsor di tiga desa. Tanah longsor menutup jalan utama yang menghubungkan Kebumen dengan Banjarnegara melalui Desa Giritirto, Kecamatan Karanggayam.
Selain itu, longsor juga menyebabkan jalur penghubung Kebumen-Wonosobo di Desa Kedunggong Kecamatan Sadang terputus. Material longsor berupa tanah dan bebatuan menutupi jalur itu sepanjang 5 meter. Akibatnya jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan. Sebuah alat berat loader, Minggu (6/11) dikirim ke Giritirto dan Kedunggong untuk menyingkirkan material longsoran.
Selanjutnya, jalur utama penghubung Kecamatan Karangsambung dengan Kecamatan Sadang juga tertutup tanah longsor. Akan tetapi jalan kembali lancar setelah warga secara swadaya menyingkirkan material longsoran yang menutup jalan. Jalan tersebut sebelumnya tertimbun tanah akibat tebing kawasan hutan milik Perhutani setinggi 10 meter longsor.
Tanah longsor yang menutup jalan terjadi di Dusun Mangir, Desa Totogan, Kecamatan Karangsambung. Panjang jalan yang tertutup longsoran sekitar 20 meter. Ketebalan tanah yang menutup jalan sekitar 1 meter.
Camat Karangsambung Heri Nugroho SH mengatakan, tidak hanya jalan raya yang tertutup, tanah longsor menyebabkan dapur rumah milik Sutarno warga RT 5 RW 6 Dusun Dakah di Desa/Kecamatan Karangsambung roboh sepanjang 9×5 meter dengan kerugian ditaksir Rp 15 juta.
Tanah longsor mengakibatkan teras rumah berukuran 5×3 meter milik Suhadi roboh. Selain itu, rumah milik Solihin juga retak dengan ukuran 8×5 meter dan ditaksir menderita kerugian hingga Rp 15 juta.
“Kami telah melaporan ke Bupati dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen terkait bencana ini,” ujar Heri Nugroho.

3 thoughts on “Tanah longsor menutup jalan utama yang menghubungkan Kebumen dengan Banjarnegara melalui Desa Giritirto, Kecamatan Karanggayam.

Minta saran dan komentarnya dong....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s