JAMBAN CEMPLUNG ALA WARGA KARANGGAYAM KEBUMEN

Gambar

KONON KATANYA Jamban cemplung ternyata tidak hanya digunakan di KOTA karanggayam kebumen DAN di Indonesia saja, bahkan katanya di negara barat termasuk eropa, afrika serta timur tengah JUGA TERINSPIRASI MENGGUNAKAN JAMBAN CEMPLUNG ALA WARGA KARANGGAYAM. Penulis juga tidak tahu apa bener di eropa yang notabene katanya negara maju, modern  ada JAMBAN cemplung? tanyakan pada rumput yang bergoyang…hehe .. bukan…tanyakan pada temen yang sering ke eropa… yah he,,,he,,,???

Kegunaan dari pada jamban cemplung sangat bermanfaat sekali, Dengan penempatan dan konstruksi yang benar jamban ini tidak akan mencemari tanah ataupun mengontaminasi air permukaan ataupun air tanah. Tinja tidak akan dapat dicapai oleh lalat apabila lubang jamban selalu tertutup. Bahkan  kalau dibiarkan terbukapun, lalat tidak akan masuk ke permukaan dan ruang yang gelap. Bau bisa diabaikan  dan tinja tidak terlihat. Bahkan lebih mantap lagi diberi lubang penghawaan untuk ngurangi baunya. Jamban cemplung mudah direncanakan,murah, mudah dirawat dan tidak memerlukan pengoperasian. Masa penggunaannya bervariasi bisa 5 tahun, 10 tahun,..tergantung ukuran. Jamban ini ada juga kelemahannya tapi berperan utama dalam pencegahan penyakit yang disebabkan oleh tinja.

 
Jamban cemplung   terdiri dari lubang dalam tanah yang digali secara manual dengan cangkul, lethok, dilengkapi dengan lantai  tempat berjongkok  dan dibuat rumah jamban diatasnya. Lubang berfungsi untuk mengisolasi  dan menyimpan tinja sedemikian rupa sehingga bakteri patogen tidak bisa ke inang yang baru. Lubang biasanya berbentuk bulat atau bujursangkar berdasar selera. Tapi berdasarkan pengalaman di karanggayam lebih banyak yang berbentuk seperti sumuran….kenapa yah? barangkali lebih kuat apa ya???

Andaikan Warga Karanggayam kebumen bisa tertib BAB tidak sembarangan,tentunya kebersihan lingkungan dapat kita jaga. dan bahaya terhindar dari berbagai macam penyakit dapat kita cegah.

So,,, mulai sekarang budayakan Bersih Yukkkk….

salam

 

Minta saran dan komentarnya dong....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s