JEMBATAN DI DESA KEBAKALAN KARANGGAYAM AMBROL

 

JEMBATAN KALI GEBANG DESA KEBAKALAN KARANGGAYAM AMBROL

Ada yang salah dengan Insfratuktur bangunan jembatan….????
atau memang faktor alam yg menyebabkan Insfratuktur bangunan jembatan bisa Ambrol…???
atau ada Faktor lain….???

YUKK,, COBA BERIKAN TANGGAPAN ANDA..

Jembatan Kali Gebang, Desa Kebakalan, Kecamatan Karanggayam, Kebumen, ambrol.

kemarin kita baru melihat dan memberikan tanggapan tentang ruas jalan umum desa-desa kec.karanggayam yang rusak sekarang giliran Jembatan yang menghubungkan antar desa juga Ambrol.
Kerusakan jembatan yang dibangun 2007 itu terus bertambah menyusul hujan. Kemarin plat injak di bagian pinggir jembatan itu sudah patah.

Bahkan, di lokasi jembatan itu ambrol menyisakan lubang besar dengan kedalaman yang menerobos dasar Kali Gebang, yang merupakan anak Sungai Luk Ulo. Kondisi itu mengancam keruntuhan jembatan tersebut. Para pengguna jalan yang hendak melewati jaembatan itu ketakutan.

Truk-truk mengalihkan jalur untuk menghindari terperosok ke dalam lubang jembatan yang ambrol tersebut. Pengendara sepeda motor juga yang balik arah. ”Ngeri lewat situ (jembatan Kali Gebang), mendingan balik saja,” kata Suharti (32), warga Desa Giritirto yang mengaku hendak ke Gombong.
Penambangan Pasir Dia yang menggunakan sepeda motor Supra Fit itu lantas memutar melewati jembatan gantung Desa Wonotirto menuju Karangsambung dan Kebumen. Hingga kemudian meluncur ke Gombong sekitar 30 kilometer. Padahal, jika melewati jembatan itu hanya sekitar 15 kilometer.

Penjabat (Pj) Sekretaris Desa (Sekdes) Kebakalan Sunardi mengemukakan, jembatan Kali Gebang ambrol akibat penambangan pasir di Sungai Luk Ulo. ”Penambangan pasir Luk Ulo yang makin marak itu berdampak sampai sini (jembatan Kali Genang),” jelas Sunardi yang juga Kaur Pemerintahan Desa Kebakalan itu.

Jarak antara jembatan dan lokasi penambangan pasir yang menggunakan mesin sedot tersebut hanya 300 meter. Dengan adanya jembatan yang ambrol, pihaknya akan kembali mengusulkan anggaran untuk perbaikan. Sebelumnya mengajukan usulan ke Pemkab Kebumen untuk penanganan tebing Kali Gebang yang longsor. Dan usulan tersebut baru direalisasikan tahun ini.

Para pekerja kemarin juga masih membuat bronjong di tebing sungai tersebut. Jadi, penanganan kerusakan tebing sungai yang longsor itu masih berlanjut dengan perbaikan jembatan yang ambrol, sehingga butuh dana lagi. Mandor Pelaksana Proyek Bronjongisasi di Desa Kebakalan, Jiman, mengatakan, jembatan yang ambrol itu pada awalnya hanya berlubang. ”Saat hujan ambrol,” katanya di sela-sela mengawasi para pekerja yang menggarap bronjong tebing Kali Gebang.

5 thoughts on “JEMBATAN DI DESA KEBAKALAN KARANGGAYAM AMBROL

  1. Mungkin, banyaknya truk2 yg bermuatan berat sering melalui jembatan tersebut, sehingga, jembatan tidak kuat beban tersebut, belum lagi penambangan pasir di sekitar jembatan, yg mengakibatkan pondasi amblas

  2. mungkin karena truk2 jadi jmbtnya ambrol dan sampai berlubang dan jga gara2 penambangan pasir yank semakin bnyk aja penambangan pasir di desa kta apa yang harus di lakukan pemerintah kta untuk membetulkan jembtn kta

Minta saran dan komentarnya dong....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s