WC/JAMBAN ALA WARGA DESA BINANGUN KARANGGAYAM KEBUMEN

INI JAMBANKU !….MURAH, SEDERHANA DAN SEHAT

 
“Ini jambanku” ! kata bu Paijem dengan bangganya, sambil menunjuk ke arah kakus sederhana buatannya. Bu Paijem adalah salah satu dari sekian banyak…puluhan….warga Dukuh Penawangan Desa Binangun Kecamatan Karanggayam yang terpicu, yang sadar akan arti pentingnya kesehatan bagi dirinya dan lingkungannya. Bu Paijem sekarang sudah tidak lagi BAB…beol….ngising…di kalen (sungai kecil), tapi tainya sudah “diwadahi” dengan alat yang sederhana namun sehat itu.
 
Jamban sederhana milik bu paijem memiliki sejarah yang panjang. Berawal dari SK Bupati Kebumen tahun 2011 bahwa Desa Binangun menerima Program Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan sanitasi Berbasis Masyarakat). Salah satu kegiatan Pamsimas Komponen B yang dipandegani oleh Dinas Kesehatan Kebumen terutama Seksi Penyehatan Lingkungan adalah kegiatan CLTS. (Community Led Total Sanitation), orang karanggayam bilang “Cuma Lubang Tai Saja”. Memang hanya lubang tai saja….tapi betapa sulitnya….penuh perjuangan….untuk mengajak mereka yang masih BAB sembarang tempat untuk merubah perilakunya. Untuk memicu masyarakat agar berubah bukan hal yang mudah. Sanitarian, Bidan Desa, kader Kesehatan, LKM, Fasilitor Pamsimas..semuanya dilibatkan dalam kegiatan ini. Tahapan kegiatan CLTS kita lakukan semuanya, mulai dari pemetaan, transec walk, dan akhirnya banyak juga masyarakat desa binangun yang terpicu.Diakhiri dengan penandatanganan kontrak sosial. Setelah berjalan beberapa minggu..kemudian kita lakukan monitoring baik oleh sanitarian, bidan desa, fsilitator maupun kader. Dan alhamdulillah rupanya masyarakat memenuhi janjinya sesuai dengan kontrak sosial yang ditandatanginya.
 
Kegiatan Pemicuan sudah kita lakukan berulangkali di tiap RT di Dukuh penawangan Desa Binangun. Sampai akhirnya pada bulan April 2012 Dukuh Penawangan mendeklarasikan diri sebagai Dukuh ODF.
Memang hanya tingkat dukuh…namun dukuh penawangan dengan jumlaH rumah sekitar 170an  merupakan kebanggaan, titik awal dan penyemangat bagi dukuh lain untuk mencapai ODF tingakat desa.

 

Minta saran dan komentarnya dong....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s