DESA GUNUNGSARI KARANGGAYAM KEBUMEN

  • DESA GUNUNGSARI KARANGGAYAM KEBUMEN

    Gunungsari adalah desa di kecamatan KaranggayamKebumenJawa Tengah,Indonesia. desa gunungsari merupakan desa disebelah utara wilayah kecamatan karanggayam. sebagian besar wilayahnya berupa dataran tinggi, seluas 525, 569 ha. Berbatasan dg desa glontor dan sebelah timur berbatasan dengan desa kalibening. Desa gunungsari merupakan salah satu desa di kec.karanggayam yg mempunyai Pasar Tradisional. Bahkan pasar ini menjadi ikon daripada desa gunungsari.

    Pasar Somawangsa. Siapa yg tidak mengenal pasar soma?? Pasar soma sudah tidak asing lagi bagi warga masyarakat kec. karanggayam. Pasar yg hari pasaranya dua hari dalam satu minggu yaitu,hari senin dan kamis menjadi pusat sentral para pedagang kecil untuk menjajakan daganganya.

    Pasar tradisional PASAR SOMA boleh di katakan pasar super lengkap dari makanan ringan,makanan khas,kebutuhan rumah tangga perdagangan hewan seperti ayam dan kambing juga ada di pasar soma. Mungkin apabila para pembaca mau menikmati salah satu makanan tradisional dari karanggayam salah satunya “Gejos” juga masih ada di pasar soma. Ada satu lagi makanan yg cukup terkenal di pasar soma yaitu SATE SOMA. Berbeda dg sate-sate yg sering kita jumpai sate soma merupakan salah satu mempunyai ciri khas selain memang daging segar yg di buat untuk sate, bumbu dan rempah rempahnyapun mempunya cita rasa tersendiri. Penasaran pengin menikmati lezatnya sate pasar soma. Silahkan datang langsung pada hari pasaran yaitu hari senin dan kamis.

    Mahasiswa Pecinta Alam STAINU (MAPALASTA) Kebumen pada tanggal 17-18 November melakukan acara penetapan anggota muda ke V. Setelah acara pendalaman materi dan pengambilan nomer pesreta selesai kita melakukan kegiatan Susur Curug Gunungsari kec.Karanggayam yang di ikuti 13 orang.

    Dalam kegiatan ini bisa Opservasi Seputar potensi Curug, yang dapat menjadi tempat wisata alam dan out bond juga bisa menikmati berbagai keindahan panorama Alam sekitarnya, dari hasil opservasi mendapatkan Desa Gunungsari kec. Karanggayam ini merupakan suatu potensi yang bagus buat tempat Wisata Alam, karena   pemandangan, hawanya Alam yang sejuk, airnya jernih, dan air terjunnya bagus serta di atasnya terdapat hutan pinus yang suasana santai, baat acara camping dan mengenal alam rimba lebih dekat yang masih alamni.

    Setelah kegiatan Susur curuk selesai kami mengadakan pencarian data, data yang dimaksud adalah wawancara kepada para penduduk dan Kepala Desa terkait dengan Potensi bencana, Kondisi hutan, Potensi pertanian, Potensi wisata dan peta Gunungsari. kepada  Kepala Desa Gunungsari, Samingun saat dimintai keterangan oleh MAPALASTA mengatakan :

    • hutan gundul ada 3 titik
    • Potensi wisata ada satu, yaitu air terjun Curug Gunungsari
    • juga wisata alam di hutan pinus yan begitu luas yang juga bagus di buat kegiatan out bond
    • pontesi pertanian dengan pertanian singkong manis yang di buat berbagai makanan dari keripik, oyek, krekel, kerupuk dan tiwul.
    • juga masih banyak lainya ter kait pertnian di sana ..
 
 
SATE PASAR SOMA SELERA TIADA TARA
JANGAN buru-buru mengklaim sudah pernah merasakan semua jenis makanan di khas Kabupaten Kebumen.Pasalnya, kabupaten ini memiliki daftar panjang makan khas yang. Sate Ambal dan Soto Petanahan, diam-diam daerah ini masih memiliki beragam kuliner khas menarik.

Satu diantaranya yang pantas anda coba adalah Sate Soma. Seperti halnya sate Ambal dan Soto Petanahan nama Sate Soma diambil dari daerah asalnya yakni Dusun Somawangsa di Desa Gunungsari, Kecamatan Karanggayam.

Namun tidak seperti Sate Ambal yang sudah banyak ditemukan di luar Kecamatan Ambal bahkan di luar Kebumen, kelezatan Sate Soma hanya bisa ditemukan di daerah asalnya yakni di dusun yang terletak sekitar 30 km arah barat daya dari kota Kebumen. Mengingat sate Soma belum dijual di luar Dusun Somawangsa. Para penjualnya pun belum mendirikan cabang di luar desa itu.

Tidak hanya itu, sate jenis ini juga tidak dijual tidak setiap hari. Para penjual sate  itu hanya berjualan pada hari pasaran saja yakni hari Senin dan Kamis.  Kedua hari tersebut merupakan pasaran Pasar Somawangsa. Hanya saja sehari sebelumnya  yakni Minggu dan Rabu, pembeli sudah bisa dilayani. Dengan catatan datang siang atau sore hari.

Terdapat sejumlah pedagang Sate Soma yang cukup dikenal di daerah itu yakni warung sate milik Sukatno, Wasis dan Martono. Mereka sama-sama berjualan pada hari pasaran. Selain hari itu warung mereka tutup. Bagi Sukatno, salah satu penjual sate, ia merasa tidak ada kekhususan terhadap sate yang ada di Dusun Somawangsa. Namun orang luar daerah yang pernah mencoba mengatakan sate di Soma memiliki rasa khas.

Padahal menurut pria yang berjualan sejak tahun 1991 ini, bumbu yang digunakan juga tidak jauh berbeda dengan bumbu sate pada umumnya antara lain kecap, bawang merah, lada, tomat dan mentimun. Hal yang membedakan dari sate pada umumnya adalah daging kambing yang gunakan.

Hasyim (30) salah satu konsumen asal Kebumen mengakui,daging kambing yang dijadikan sate adalah benar-benar daging kambing yang masih segar karena baru saja disembelih. Lalu tidak semua daging ditusuk, karena yang digunakan untuk sate adalah daging pilihan yang benar-benar bagus. “Ukuran tusukan juga relatif lebih besar,” ujar pria yang hobi  makan sate itu.

Ya, daging kambing muda yang dibakar memang menyebarkan aroma yang menggoda selera. Dengan Rp 12.000 tiap porsi dia akan merasakan lezatnya Sate Soma dengan nuansa khas pedesaan. Maka jika singgah ke Kebumen, tidak ada salahnya menyempatkan diri ke Dusun Somawangsa.

Sebagai pediman, mencapai dusun ini dapat ditempuh dengan sepeda motor,mobil,atau kendaraan umum. Dari Kecamatan Karanggayam terus ke utara kurang lebih 10 kilometer. Sampai di pertigaan Desa Pagebangan pilih jalur ke kiri arah utara sampai dengan Pasar Somawangsa. Persawahan dengan sistem terasering terhampar di sepanjang menjadi pemandangan menarik. Saat pulang perjalanan bisa ditempuh melalui jalur lain yakni melalui Desa Glontor, Somagede, Desa Kenteng Sempor hingga tembus di Gombong.
( Supriyanto / CN05 )

10 thoughts on “DESA GUNUNGSARI KARANGGAYAM KEBUMEN

  1. cukup bagus….tetapi ada beberapa hal yg masih perlu di perbaiki dari tata bahasa nya masih kurang. untuk awal tidak masalah….ekspos terus seputar desa gunung sari dan sekitarnya…kupas tuntas juga cara pembuatan kerupuk “GOPLE” Thks salam

  2. GUNUNG SARI WILAYAH YG POTENSIL KARENA TERDAPAT TITIK MATERIAL TAMBANG YANG NILAI EKONOMISNYA CUKUP TINGGI, Kami sdh melakukan Uji Kadar Material tsb Hasilnya Wow. BESAR HARAPAN PEMERINTAH DAERAH PROAKTIF UNTUK MENGEMBANGKAN DAERAH TSB. Tks kami ucapkan kpd Mahasiswa/Mahasiswi yg tlh PKL di daerah Kami. (Kel Bpk Mawireja)

  3. Gunung Sari Is The Best, Sayang belum ada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas/SMK, Hal Ini menjadikan Anak Usia Sekolah Lanjutan Hijrah Ke Kota dan tdk sedikit Yg menetap Di bbrp Kota besar, Sehingga Gunung Sari Sangat Lamban/Sulit Berkembang. Semoga PEMDA dpt Sesegera Mungkin Merealisir Harapan Kami supaya Putra Daerah tambah Pandai, Cakap dan Handal. Wujudkanlah!!!!!!!!!!
    Kami Bangga menjadi Putra kelahiran Gunung Sari.

  4. Tks deskripsinya, Gn Sari desa kelahiranku, Curug Cikal itu Namanya dulu semasa kecil Aku sering Bermain Kesana. rasanya sejuk segar nyesssssssss……!
    ingin rasanya aku kembali kesana melihat pemandangan yang indah dan menghirup udara yang sejuk segar. Next come back, by…………..???????????!!!

  5. Untuk lebih menarik Wisatawan Mancanegara baik lokal maupun asing, klo bs tampilkan lg foto2nya lbh banyak lg yg Close Up. Next Qt mengadakan wisata/lintas alam bersama di objek wisata tsb, untk yg blm pernah berkunjung,,,,,! datang dan nikmati kesegaran alamnya. thank You Verry much.

Minta saran dan komentarnya dong....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s