DESA BINANGUN KARANGGAYAM KEBUMEN

KEBUMEN (KRjogja.com) –

Warga Binangun Karanggayam Pasang Pipa Sepanjang 7.150 Meter

 Jaringan pipa air bersih sepanjang 7.150 meter dibangun masyarakat Desa Binangun, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen. Harapannya, tidak akan ada lagi kesulitan mendapatkan air bersih ketika datang musim kemarau.

Pembangunan jaringan pipa air bersiih didanai program penyediaan air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) tahun 2011 sebesar Rp 220 juta. Warga juga berpartisipasi hingga terkumpul Rp 11 juta. Selain itu swadaya tenaga senilai Rp 44 juta.

“Jika sudah jadi, air bersih akan membebaskan 150 kepala keluarga dari kesulitan mendapatkan air bersih selama musim kemarau. Untuk pemeliharaan jaringan, warga juga siap iuran bulanan,” jelas Sekretaris Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Pamsimas Desa Binangun, Amin (28), Rabu (1/2).

Air bersih akan diambil dari mata air Simulek yang berada di puncak pegunungan untuk kemudian didistribusikan ke rumah-rumah penduduk dengan memanfaatkan gaya gravitasi bumi.

Saat ini dari, jaringan distribusi dari bak penampungan ke rumah-rumah warga sepanjang 5.050 meter, sudah selesai dibangun. Sedangkan pipa pengambilan dari mata air ke bak penampungan sepanjang 2.100 meter sedang dalam proses pemasangan.

Menurut Amin, pemasangan pipa hingga ke mata air Simulek tidak bisa dilakukan dengan cepat karena kendala medan yang sulit. “Pipa harus dipasang di tebing jurang sehingga pemasangannya harus dilakukan dengan sangat hati-hati,” ujar Amin. (Suk)Gambar

Minta saran dan komentarnya dong....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s