DESA KALIBENING KARANGGAYAM KEBUMEN

DESA KALIBENING KARANGGAYAM KEBUMEN
Siapa yg belum mengenal Desa Kalibening Kec,Karanggayam Kab,Kebumen..?? Lewat BLOG ANRAKK atau tulisan ini, mungkin kita sedikit banyak mengenalnya.
Kalibening merupakan Desa yg di apit oleh sungai, sebelah barat daya berbatasan dg Desa Gunung Sari dg Sungai sbg pemisahnya, ujung timur berbatasan dg Desa Wonotirto yg juga di batasi sungai terusan yg mengalir ke sungai Lokulo.
Mata Pencaharian Masyarakat Desa Kalibening yaitu Petani, sbagaimana Desa-desa lain di kec.Karanggayam pada umumnya sawah tadah hujan sbg andalan para petani karena tidak adanya aliran Irigasi. maka saat-saat warga Kalibening menggarap sawahnya, pd musim penghujan untuk di tanami padi. Dan apabila pd musim kemarau beralih ke tanaman palawija.
Berbeda dg Desa lain di Kec.Karanggayam Desa Kalibening sampai tulisan ini di buat (20-11-2012) ruas jalan umum sepanjang Desa Kalibening BELUM DI ASPAL. Sangat Ironis memang,tp itulah kenyataanya sepanjang Desa kalibening jalanya cuma menggunakan PELUR (campuran pasir + semen+batu koral) itupun belum menyeluruh dan sebagianpun sudah mulai rusak akibat seringnya di lewati Truk-truk pengangkut pasir ataupun kendaraan roda empat lainya yg keluar masuk melawati sepanjang jalan Desa Kalibening.
Agama mayoritas warga desa kalibening yaitu Islam. Hal ini di tandai dg adanya sekitar kurang lebih 5 masjid dan banyaknya Musola/langgar yg menyebar di dukuh-dukuh desa kalibening serta adanya MI (Madrasah Ibtidaiyah) yg terdapat di dukuh seliling kalibening.
Corak ragam budaya di desa kalibening masih sangat kental,gotong royong membangun rumah,bantu membantu apabila salah satu warga ada yg punya hajat, kerigan dll sudah menjadi kebiasaan drpd warga kalibening. Kesenianpun masih terus ada di antaranya: Ebeg/kuda lumping,tombrengan/cepetan,janeng,dablug/wayang orang dll. Bahkan salah satu kesenian dari desa kalibening yg sangat Legendaris yaitu WAYANG GOLEK Ki Dalang Sutrisno. Wayang Golek masih terus Exis karena sering Konser/di tanggap apa bila para warga punya hajatan,

Satu kesenian lg yg skrg sedang berkembang yaitu Rebana Modern salah satunya ANIDA GROUP aliran jenis musik islami yg terbang/rebana sbg salah satu alat musiknya di tambah Orgen,gitar dan bas sbg pelengkapnya Group Rebana ini sering tampil di hajatan misal Khitanan atapun nikahan. Bahkan kadang di undang di tetangga desa kalibening.
Satu lagi yg menjadi ikon desa kalibening yaitu ada Dukun Sunat / pak Bong (bahasa kalibening) pak bong dari desa x bening mgkin sudah tdk asing lg,karena memang sering di undang ke desa desa yg berada di Kec.Karanggayam.

Air yg mengalir sepanjang sungai Kalibening pd musim kemarau tdk hanya di buat sumur yg airnya buat diminum serta Pasir dan batunya buat bangunan, tp ada yg lain dari Sungai di sepanjang Desa Kalibening. Dulu sekitar tahun 2000 warga kalibening berduyun-duyun pergi ke kali mencari emas murni. Bijih emas berupa percahan kecil banyak bercampur dg pasir bertaburan di sepanjang Aliran sungai kalibening. Tak heran di sepanjang sungai x bening banyak warga membawa DULANG (kayu bundar yg sudah di buat menyerupai tudung) untuk mengayak pasir mencari bijih emas. Suatu keberkahan tersendiri buat warga desa kalibening dg di temukanya bijih emas di sepanjang sungai x bening shg bisa buat menambah penghasilan hingga sampai sekarangpun masih ada satu atau dua org yg masih mendulang emas di sungai x bening.

Sekilas tentang Desa Kalibening Karanggayam kebumen.
Buat warga kalibening apabila penulis terdapat kesalahan-kesalahan mohon di malkumkan.

_SUWUN_

13 gagasan untuk “DESA KALIBENING KARANGGAYAM KEBUMEN

  1. coba digali yang lebih dalam…mungkin asal – usul desa kalibening, orang yang pernah menduduki jabatan kepala desa / lurah…..maju terus Mas Bro…..

  2. mas bro klo mw nyari asal muasal x_bening,telusuri dulu sejarah kali cacaban nya,bru bsa ketemu kalibening

Minta saran dan komentarnya dong....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s